Senin, 03 Desember 2018

KISI-KISI DAN MATERI PAS 1 IPS 9


  1. Siswa mampu menyebutkan pengertian perdagangan internasional
  2. Siswa mampu menyebutkan faktor pendorong perdagangan int’l
  3. Siswa mampu menyebutkan manfaat perdagangan int’l
  4. Siswa mampu menentukan kurs mata uang
  5. Siswa mampu membedakan teori perdagangan int’l (keunggulan mutlak&keunggulan komparatif)
  6. Siswa mampu menentukan jenis kebijakan perdagangan int’l
  7. Siswa mampu menyebutkan pengertian ekonomi kreatif
  8. Siswa mampu menunjukkan bentuk kebijakan ekonomi kreatif
  9. Siswa mampu menyebutkan pengertian produksi
  10. Siswa mampu menentukan balas jasa faktor produksi
  11. Siswa mampu menunjukkan arah siklus ekonomi
  12. Siswa mampu menyebutkan jenis-jenis pasar
  13. Siswa mampu menyebutkan fungsi pasar
  14. Siswa mampu menyebutkan peran pasar

PERDAGANGAN INTERNASIONAL SEBAGAI WUJUD KERJASAMA EKONOMI ANTAR NEGARA
Teori perdagangan Internasional

1.      Teori keunggulan mutlak (Adam Smith)
suatu negaradapat disebut memiliki keunggulan mutlak dari negara lain jika negara tersebut memproduksi barang atau jasa yang tidak dapat diproduksi oleh negara lain.

2.      Teori keunggulan komparatif (David Ricardo)
keunggulan komparatif akan tercapai jika suatu negara mampu memproduksi barang dan jasa lebih banyak dengan biaya yang lebih murah daripada negara lainnya.


Faktor Pendorong perdagangan antar negara:
1.      Perbedaan SDA
2.      Perbedaan SDM
3.      Perbedaan Teknologi
4.      Perbedaan biaya produksi
5.      Perbedaan selera dan pasar

Faktor penghambat perdagangan antar negara
1.    Konflik dan perang
2.    Kebijakan proteksi di negara tujuan eksport
3.    Perjanjian kerjasama ekonomi kawasan di negara tujuan eksport
4.    Persengketaan
5.    Perbedaan mata uang

Manfaat perdagangan antar negara
1.    Memperoleh barang yang tidak ada di dalam negeri
2.    Terjadi alih teknologi
3.    Memperoleh devisa
4.    Memperluas pasar
5.    Mempererat hubungan kerjasama

Tujuan utama perdagangan antarnegara: untuk memperoleh devisa

Devisa adalah pendapatan yang diperoleh dari luar negeri
Devisa dapat diperoleh dari:
1.    Kegiatan eksport
2.    Pariwisata
3.    Tenaga Kerja Indonesia (TKI)
4.    Investasi asing
5.    Bantuan asing
6.    Pinjaman luar negeri

Kebijakan perdagangan antar negara
1.    Dumping (harga di luar negeri lebih murah daripada di dalam negeri)
2.    Perdagangan bebas
3.    Kebijakan proteksi (untuk melindungi produsen dalam negeri) diantaranya:
a.         Larangan import
b.        Kuota (pembatasan) import
c.         Bea masuk/tarif
d.        Subsidi

Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) memberlakukan AFTA (ASEAN Free Trade Area)

Dampak positif perdagangan bebas
1.    Bagi konsumen dapat memperoleh barang murah, berkualitas, dan banyak pilihan
2.    Bagi produsen dapat meningkatkan produktivitas karena adanya persaingan

Dampak negatif perdagangan bebas
1.    Masyarakat menjadi konsumtif
2.    Produsen kalah bersaing akan tutup
3.    Penerapan teknologi yang tidak tepat guna

Pelaku perdagangan antarnegara:
Eksportir: pihak yang menjual barang ke luar negeri
Importir: pihak yang membeli barang dari luar negeri

Komoditas (barang kebutuhan dunia) eksport Indonesia meliputi: kopi, kayu olahan, karet, kelapa sawit, emas, timah, tembaga, hasil laut, dsb.

KURS (NILAI TUKAR MATA UANG)
$-àRp  (beli)
Rpà$   (jual)

EKONOMI KREATIF DAN KEGIATAN EKONOMI
Ekonomi kreatif adalah suatu kegiatan ekonomi yang berlandaskan pada sumber daya manusia dimana ide dan gagasan menjadi acuan untuk memproduksi barang yang berbeda dari yang sudah ada
Pemerintah sudah membuat badan khusus yang mengelola kegiatan ini dengan mendirikan BENKRAF(Badan Ekonomi Kreatif)
Perlindungan juga dilakukan terhadap hasil kreatifitas dengan undang-undang HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual)
KEGIATAN EKONOMI:
·      PRODUKSI
Yaitu kegiatan membuat atau menambah nilai guna barang
faktor produksi adalah segala sesuatu yang dibutuhkan untuk berproduksi
faktor produksi asli :
1.      Alam (balas jasanya Rent/sewa)
2.      Tenaga Kerja (balas jasanya Wage/gaji)
Faktor produksi turunan:
1.      Modal (balas jasanya Interest/bunga)
2.      Kewirausahaan (Balas jasanya Profit/keuntungan)
Jenis produksi
a.      Ekstraktif (langsung dari alam) contoh. pertambangan
b.      Agraris (budidaya) contoh pertanian
Berikut ini arus faktor produksi:
Image result for siklus ekonomi sederhana
·      DISTRIBUSI
Yaitu menyalurkan
·      KONSUMSI
Yaitu kegiatan menghabiskan atau mengurangi nilai guna barang

1.      Pengertian Pasar
Pasar merupakan kegiatan dimana menghubungkan antara pembuat barang (produsen) dan pemakai barang (konsumen) dalam melakukan proses jual-beli.
2.      Macam Pasar
1.1  Menurut Jenis Barang
a)      Pasar barang konsumsi, memperdagangkan barang-barang konsumsi
b)      Pasar barang produksi, memperdagangkan barang-barang produksi
1.2  Menurut Luas Jaringan Distribusi
a)      Pasar Setempat (Lokal)
Merupakan pasar konkret yang meliputi suatu tempat tertentu. Barang yang diperdagangkan berupa barang-barang konsumsi yang dibutuhkan oleh penduduk sekitarnya.
b)      Pasar Daerah
Merupakan pasar konkret yang meliputi suatu wilayah tertentu. Barang yang diperdagangkan sebagian besar terdiri dari barang konsumsi hasil produksi industri. Para pedagang menengah melayani pedagang eceran di sini.
c)      Pasar Nasional
Merupakan pasar konkret ataupun abstrak yang memperdagangkan barang ke seluruh wilayah suatu negara. Barang yang diperdagangkan berupa barang konsumsi, sumber daya produksi, surat berharga (efek), dan valuta asing (valas).
d)     Pasar Internasional
Merupakan pasar abstrak yang memperdagangkan barang-barang untuk kebutuhan konsumen di seluruh dunia. Barang yang diperdagangkan berupa barang tambang dan bahan mentah.
1.3  Menurut Waktu Bertemuanya Penjual dan Pembeli
a)      Pasar Harian, berlangsung setiap hari
b)      Pasar Mingguan, berlangsung seminggu atau sepekan sekali
c)      Pasar Bulanan, berlangsung sebulan sekali
d)     Pasar Tahunan, berlangsung setahun sekali
2.      Bentuk Pasar
2.1  Pasar konkret
Merupakan pasar yang langsung mempertemukan penjual dan pembeli. Pelakunya merupakan masyarakat umum dan barang yang diperdagangkan merupakan barang kebutuhan sehari-hari dan barang tersebut sudah tersedia di tempat pertemuan.
2.2  Pasar abstrak
Merupakan pasar yang langsung atau tidak langsung mempertemukan penjual dan pembeli. Barang yang diperdagangkan tidak dibawa ke tempat pertemuan. Biasanya mereka akan melakukan suatu perjanjian transaksi. Contoh:
a)      Pasar uang, mencangkup kegiatan jual-beli instrumen dana-dana jangka pendek
b)      Bursa komoditi, tempat transaksi komoditi-komoditi
c)      Bursa valuta asing, tempat memperjualbelikan valuta asing
d)     Pasar modal (bursa efek), mencangkup kegiatan jual-beli instrumen dana-dana jangka panjang
e)      Bursa tenaga kerja, tempat pertemuan pihak pencari kerja dengan pihak yang mebutuhkan tenaga kerja
Peranan dan Fungsi Pasar bagi Ekonomi Masyarakat
5.1 Peranan pasar
      a) Bagi Konsumen: Memberikan kemudahan untuk memperoleh barang dan jasa yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan.
      b) Bagi Produsen: Memberikan kemudahan dalam memperoleh bahan-bahan untuk proses produksi serta menjual barang dan jasa hasil produksi
      c) Bagi Pemerintah: Memberikan kemudahan untuk memperoleh dan menjual barang dan jasa yang diperlukan oleh pemerintah.
 5.2 Fungsi Pasar
     a) Fungsi Distribusi: Memperlancar penyaluran barang dan jasa dari produsan ke konsumen
     b) Fungsi Pembentukan Harga: Berperan mewujudkan kesepakatan harga antara penjual dan pembeli
     c) Fungsi Promosi: Berperan membangkitkan minat konsumen untuk membeli barang atau jasa tertentu


Tidak ada komentar:

Posting Komentar