Kamis, 21 September 2017

MATERI PTS KLS 9

PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA

Pengertian sosial budaya: merupakan suatu totalitas nilai, tata sosial, tata laku manusia yang diwujudkan dalam pandangan hidup, falsafah Negara dalam berbagai sisi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang menjadi asa untuk melandasi pola perilaku dan tata struktur masyarakat yang ada.
Contoh sosial budaya: bisa kita lihat dari perilaku masyarakat Indonesia yang masih menjunjung tinggi nilai nilai yang luhur seperti gotong royong, perilaku jiwa kesatria, menjalankan musyawarah untuk mufakat dalam berbagai kesempatan dan menjalankan hidup dengan prinsip prasaja atau hidup sederhana.
Pengertian Interaksi adalah suatu jenis tindakan yang terjadi ketika dua atau lebih objek mempengaruhi atau memiliki efek satu sama lain. Ide efek dua arah ini penting dalam konsep interaksi, sebagai lawan dari hubungan satu arah pada sebab akibat
bentuk-bentuk interaksi:
(1) Interaksi verbal merupakan salah satu bentuk interaksi yang terjadi apabila dua orang atau lebih melakukan kontak satu sama lain dengan menggunakan alat-alat artikulasi. Proses tersebut terjadi dalam bentuk percakapan satu sama lain.
(2) Interaksi fisik ialah salah satu bentuk interaksi yang terjadi jika ada dua orang atau lebih melakukan kontak dengan menggunakan bahasa-bahasa tubuh. Contoh interaksi ini : posisi tubuh, ekspresi wajah, gerak-gerik tubuh dan kontak mata.
(3) Interaksi emosional adalah salah satu bentuk interaksi yang terjadi jika individu melakukan kontak satu sama lain dengan melakukan curahan perasaan. Contoh interaksi ini : mengeluarkan air mata sebagai tanda sedang bersedih, haru atau bahkan terlalu bahagia.
Pengertian Globalisasi  adalah suatu proses yang mendunia dimana individu tidak terikat oleh negara atau batas-batas wilayah yang semakin sempit. 
Ditandai dengan: adanya proses batas suatu negara menjadi semakin sempit atau memudar karena kemudahan berinteraksi dengan negara baik itu dengan pertukaran informasi, perdagangan, gaya hidup, dan bentuk interaksi yang lainnya.  
MODERNISASI
Pengertian: Modernisasi merupakan proses perubahan dari cara tradisional ke cara baru yang lebih maju untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.
Lahirnya: modernisasi merupakan dari hasil kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus berkembang. 
Pengertian Westernisasi  adalah sebuah proses dimana masyarakat berada atau mengadopsi budayaBarat di berbagai bidang meliputi dari, politik, industri, teknologi, ekonomi, hukum, gaya makanan, pakaian, agama, bahasa, dan nilai-nilai. 
Modernisasi di Indonesia
modernisasi mencakup sistem nilai, cara berpikir, berperasaan dan bertindak, serta teknologi yang sesuai dengan kondisi zaman sekarang.
Dalam melaksanakan modernisasi, kita tidak boleh menghilangkan unsur-unsur asli kebudayaan Indonesia. Oleh karena itu, kita perlu menanamkan nilai-nilai luhur budaya bangsa sebagai landasan untuk menyikapi berbagai dinamika dan perubahan terhadap sistem sosial budaya yang diakibatkan oleh modernisasi.
Dalam melaksanakan modernisasi, kita tidak boleh menghilangkan unsur-unsur asli kebudayaan Indonesia. Oleh karena itu, kita perlu menanamkan nilai-nilai luhur budaya bangsa sebagai landasan untuk menyikapi berbagai dinamika dan perubahan terhadap sistem sosial budaya yang diakibatkan oleh modernisasi.
Modernisasi di Bidang Teknologi
Gejala modernisasi di bidang teknologi ditandai dengan perkembangan teknologi seperti munculnya teknologi yang lebih maju dari teknologi yang sudah ada sebelumnya.
Modernisasi di Bidang Ekonomi
salah satu gejala yang muncul dalam modernisasi ekonomi adalah terjadinya industrialisasi. Apa yang dimaksud dengan industrialisasi?
Industrialisasi merupakan proses pergantian dari penggunaan tenaga manual menjadi penggunaan tenaga mesin.
Modernisasi di Bidang Ilmu Pengetahuan dan Pendidikan
ditandai dengan banyaknya penelitian yang menghasilkan berbagai macam cara dan metode sebagai usaha untuk kemajuan pendidikan.

Modernisasi di Bidang Komunikasi, Informasi, dan Transportasi
melalui handphone, faksmile, instant messanger, e-mail, smartphone, video call dan sebagainya,

Modernisasi Bidang Politik dan Ideologi
Gejala modernisasi politik dan ideologi di Indonesia banyak ditandai oleh berbagai sikap politik masyarakat yang mulai mengesampingkan sikap primordial, kesukuan, kedaerahan, dan sejenisnya atau juga pemilihan kepemimpinan berdasarkan prestasi.


Modernisasi di Bidang Keagamaan
Modernisasi bidang keagamaan dapat diartikan sebagai perubahan kehidupan keagamaan dan kepercayaan yang mampu memegang keseimbangan antara nilai keagamaan dan kemajuan.
Gejala modernisasi bidang keagamaan di Indonesia di antaranya adalah munculnya berbagai perpaduan antara unsur agama dan teknologi modern.
PENGARUH MODERNISASI TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA
Dampak positif modernisasi
}  memperkuat integritas masyarakat
}  Peningkatan iptek
}  Kemajuan di bidang industri
}  Meningkatkan kesadaran politik dan demokrasi
}  Kemajuan di bidang transportasi
}  Perubahan Tata Nilai dan Sikap
}  Meningkatnya Efektivitas dan Efisiensi
Dampak negatif modernisasi
}  Westernisasi
}  Demoralisasi
}  Pencemaran Lingkungan
}  Kenakalan Remaja
}  Pola hidup konsumtif
}  Individualisme
}  Hedonisme dan sekulerisme
}  Kesenjangan sosial
}  Kriminalitas meningkat
Ciri manusia modern
}  Memiliki alam pikiran (state of mind) yang terbuka terhadap pengalaman baru
}  Memiliki kesanggupan membentuk dan menghargai opini
}  Berorientasi ke masa depan
}  Melakukan perencanaan
}  Percaya terhadap ilmu pengetahuan
}  Memiliki keyakinan bahwa segala sesuatu dapat diperhitungkan
}  Menghargai orang lain karena prestasinya
}  Memiliki perhatian terhadap persoalan politik masyarakat
}  Mengejar fakta dan informasi
Faktor pendorong perubahan
}  Adanya kontak dengan kebudayaan lain
}  Sistem pendidikan formal yg maju
}  Sikap menghargai hasil karya orang lain
}  Toleransi
}  Keterbukaan
}  Heterogenitas penduduk
}  Orientasi ke masa depan
}  Ketidakpuasan masy. terhadap bidang tertentu
}  Nilai bahwa manusia harus senantiasa berikhtiar utk merubah hidup
Pewarisan budaya utk melestarikan jati diri bangsa
Jati diri bangsa adalah jati diri yang dimiliki oleh bangsa sebagai perwujudan dari nilai-nilai budaya yang berkembang dan berasal dari himpunan berbagai suku yang ada di Indonesia.
Proses Pewarisan Budaya
Budaya adalah kompleks yang mencakup pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan lain kemampuan-kemampuan serta kebiasaan yang didapatkan oleh manusia sebagai anggota masyarakat.
pewarisan budaya dalam masyarakat terjadi setidaknya melalui tiga proses yaitu
                1. sosialisasi: proses belajar
                2. internalisasi: Penyerapan hasil dari hasil       proses belajar
                3. enkulturasi: Pembudayaan atau         penyesuaian dari    hasil belajar,
                                Bentuk awal dari proses enkulturasi adalah       meniru  
                                Tahap selanjutnya adalah norma yang                mengatur            tindakannya tersebut kemudian dibudayakan.
Sarana dan Media Pewarisan Budaya
a. Keluarga
}  Kebiasaan positif dan negatif yang berlangsung lama dan terbuka dalam lingkungan keluarga dapat tertahan secara kuat pada kepribadian seorang anak.
b. Masyarakat
}  Individu sebagai anggota masyarakat mendapatkan pembentukan sikap untuk berperilaku sesuai dengan perilaku masyarakat.
}  Masyarakat satu dan masyarakat lain mempunyai kebiasaan yang berbeda-beda. Perilaku yang oleh satu masyarakat di larang belum tentu di masyakat lain juga dilarang.
c. Media Massa
}  Media massa selain berfungsi sebagai sarana pewarisan budaya juga berfungsi sebagai sarana hiburan, komunikasi, dan informasi.
}  Akibatnya, perubahan pola hidup dan perilaku yang tidak sesuai dengan norma-norma lebih banyak dipengaruhi oleh media massa daripada media lain.
d. Sekolah
Pewarisan budaya melalui pendidikan diantaranya adalah:
}  memperkenalkan, memelihara, mengelola, memilih, dan mengembangkan unsur-unsur budaya
}  mengembangkan kekuatan penalaran
}  mempertinggi budi pekerti
}  mempertebal semangat kebangsaan
}  menumbuhkan manusia pembangunan






Tidak ada komentar:

Posting Komentar