1. Sebutkan
pihak2 yang berperan sebagai regulator pengelolaan SDA
PEMERINTAH PUSAT dan
PEMERINTAH DAERAH melalui kebijakan otonomi daerah
2. Sebutkan dan beri contoh
pihak2 yang berperan sebagai lembaga
kontrol dalam pengelolaan SDA
1.Pemerintah : Kementerian lingkungan hidup ( wajib
AMDAL)
2.Non Pemerintah:
WALHI, WWF, Green Peace
3. Sebutkan fungsi keluarga
a.fungsi reproduksi
b.Fungsi sosialisasi
c.Fungsi protektif (perlindungan)
d.Fungsi ekonomi
e.Fungsi kontrol
f.Fungsi afeksi (kasih sayang)
4. Sebutkan dan jelaskan sistem kekerabatan
1. Patrilineal: posisi sentral kepada pihak laki-laki (contoh masy. Jawa dan suku Batak)
2. Matrilineal : posisi sentral kepada pihak perempuan (cth. Masy. Minang kabau)
5. Fungsi dan peran lembaga agama
1. fungsi pendidikan
2. fungsi penyelamatan
3. fungsi pengawasan sosial
4. fungsi pemberdayaan masyarakat
5. fungsi memupuk persaudaraan
6. fungsi transformasi
6. Fungsi dan Peran Lembaga Pendidikan dalam Mengelola Keragaman Sosial Budaya
Lembaga pendidikan berperan penting dalam melakukan transformasi budaya masyarakat.
Sebagai contoh di sekolah terdapat pelajaran bahasa daerah, sebagai
salah satu bentuk melestarikan dan mengembangkan kebudayaan berupa bahasa.
Saat ini juga banyak sekolah yang mengajarkan seni
tradisional seperti membatik, seni tari, dan sebagainya.
fungsi manifes pendidikan
1. Membantu cari nafkah
2. Mengembangkan potensi
3. Mengembangkan bakat
4. Merangsang partisipasi
5. Melestarikan kebudayaan
6. Memperkaya kehidupanàintelektual dan keindahan
7. Kemampuan menyesuaikan diri
8. Meningkatkan taraf kesehatan
9. Menciptakan WN Patriotik
10. Menunjang integrasi
11. Membentuk kepribadian
12. Mendorong kreativitas dan inovasi
Fungsi Laten pendidikan
1. Perpanjangan masa ketidakdewasaan
2. Mengurangi pengawasan orang tua
3. Mempertahankan sistem kelas sosial
4. Memupuk perbedaan pendapat
Peran membentuk kepribadian
1. Pendidikan informal (dlm keluarga)
2. Pendidikan formal (mis. Sekolah)
3. Pendidikan nonformal (misal kursus)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar