BENTUK
PASAR DALAM KEGIATAN EKONOMI MASYARAKAT
1.
Pengertian
Pasar
Pasar merupakan kegiatan dimana menghubungkan antara
pembuat barang (produsen) dan pemakai barang (konsumen) dalam melakukan proses
jual-beli.
2.
Macam
Pasar
1.1 Menurut
Jenis Barang
a) Pasar
barang konsumsi, memperdagangkan barang-barang konsumsi
b) Pasar
barang produksi, memperdagangkan barang-barang produksi
1.2 Menurut
Luas Jaringan Distribusi
a) Pasar
Setempat (Lokal)
Merupakan pasar konkret yang
meliputi suatu tempat tertentu. Barang yang diperdagangkan berupa barang-barang
konsumsi yang dibutuhkan oleh penduduk sekitarnya.
b) Pasar
Daerah
Merupakan pasar konkret yang
meliputi suatu wilayah tertentu. Barang yang diperdagangkan sebagian besar
terdiri dari barang konsumsi hasil produksi industri. Para
pedagang menengah melayani pedagang eceran di sini.
c) Pasar
Nasional
Merupakan pasar konkret ataupun
abstrak yang memperdagangkan barang ke seluruh wilayah suatu negara. Barang
yang diperdagangkan berupa barang konsumsi, sumber daya produksi, surat berharga (efek),
dan valuta asing (valas).
d) Pasar
Internasional
Merupakan pasar abstrak yang
memperdagangkan barang-barang untuk kebutuhan konsumen di seluruh dunia. Barang
yang diperdagangkan berupa barang tambang dan bahan mentah.
1.3 Menurut
Waktu Bertemuanya Penjual dan Pembeli
a) Pasar
Harian, berlangsung setiap hari
b) Pasar
Mingguan, berlangsung seminggu atau sepekan sekali
c) Pasar
Bulanan, berlangsung sebulan sekali
d) Pasar
Tahunan, berlangsung setahun sekali
2.
Bentuk
Pasar
2.1 Pasar
konkret
Merupakan pasar yang langsung mempertemukan penjual
dan pembeli. Pelakunya merupakan masyarakat umum dan barang yang diperdagangkan
merupakan barang kebutuhan sehari-hari dan barang tersebut sudah tersedia di
tempat pertemuan.
2.2 Pasar
abstrak
Merupakan pasar yang langsung atau tidak langsung
mempertemukan penjual dan pembeli. Barang yang diperdagangkan tidak dibawa ke
tempat pertemuan. Biasanya mereka akan melakukan suatu perjanjian transaksi.
Contoh:
a) Pasar
uang, mencangkup kegiatan jual-beli instrumen dana-dana jangka pendek
b) Bursa
komoditi, tempat transaksi komoditi-komoditi
c) Bursa
valuta asing, tempat memperjualbelikan valuta asing
d) Pasar
modal (bursa efek), mencangkup kegiatan jual-beli instrumen dana-dana jangka
panjang
e) Bursa
tenaga kerja, tempat pertemuan pihak pencari kerja dengan pihak yang mebutuhkan
tenaga kerja
3.
Struktur
Pasar
4.1 Pasar
persaingan sempurna, ciri-cirinya:
1) Banyak
terdapat penjual dan pembeli
2) Barang
yang diperjualbelikan sejenis (homogen)
3) Setiap
produsen berhak menutup maupun membuka usahanya
4) Semua
faktor produksi bebas bergerak dari suatu tempat ke tempat lain
5) Pembeli
dan penjual mempunyai informasi yang lengkap tentang pasar
4.2 Pasar persaingan tidak sempurna
1. Pasar
monopoli, ciri-cirinya:
1) Hanya
ada satu penjual (penjual tunggal)
2) Ada
rintangan bagi pengusaha baru untuk untuk menjual barang yang sama
2. Pasar
persaingan monopolistis, ciri-cirinya:
1) Terdapat
banyak penjual macam barang tertentu
2) Barang
setiap penjual berbeda, namun dapat saling menggantikan
3) Penjual
bisa mengatur harga sampai pada batas tertentu
4) Tindakan
seorang penjual bisa mempengaruhi keadaan pasar walaupun sangat terbatas
3. Pasar
oligopoli, pasar yang hanya terdapat beberapa penjual untuk suatu barang
tertentu, sehingga kegiatan dari penjual yang satu bisa mempengaruhi pemasaran
barang penjual yang lainnya
4.
Peranan
dan Fungsi Pasar bagi Ekonomi Masyarakat
5.1 Peranan pasar
a) Bagi Konsumen: Memberikan kemudahan
untuk memperoleh barang dan jasa yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan.
b) Bagi Produsen: Memberikan kemudahan
dalam memperoleh bahan-bahan untuk proses produksi serta menjual barang dan
jasa hasil produksi
c) Bagi Pemerintah: Memberikan kemudahan
untuk memperoleh dan menjual barang dan jasa yang diperlukan oleh pemerintah.
5.2 Fungsi
Pasar
a) Fungsi Distribusi: Memperlancar penyaluran barang dan jasa dari
produsan ke konsumen
b) Fungsi Pembentukan Harga: Berperan mewujudkan kesepakatan harga
antara penjual dan pembeli
c) Fungsi Promosi: Berperan membangkitkan minat konsumen untuk membeli
barang atau jasa tertentu
5.
Kedudukan
Pasar dalam Kegiatan Ekonomi
6.1 Kedudukan
Pasar Konkret
Kegunaannya langsung menyentuh kebutuhan masyarakat.
6.2 Kedudukan
Pasar Abstrak
Kedudukannya sangat penting terutama dalam kaitannya
dengan hubungan ekonomi luar negeri, pengembangan perusahaan (produksi), dan
masalah ketenagakerjaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar