Kamis, 21 April 2016

Materi Singkat UH kls 8 peran lembaga dalam mengelola keragaman Sosbud

1. Sebutkan pihak2 yang berperan sebagai regulator pengelolaan SDA
         PEMERINTAH PUSAT dan PEMERINTAH DAERAH melalui kebijakan otonomi daerah
2. Sebutkan dan beri contoh pihak2 yang berperan sebagai lembaga  kontrol dalam pengelolaan SDA
        1.Pemerintah : Kementerian lingkungan hidup ( wajib AMDAL)
        2.Non Pemerintah: WALHI, WWF, Green Peace
3. Sebutkan fungsi keluarga
a.fungsi reproduksi
b.Fungsi sosialisasi
c.Fungsi protektif (perlindungan)
d.Fungsi ekonomi
e.Fungsi kontrol
f.Fungsi afeksi (kasih sayang)


4. Sebutkan dan jelaskan sistem kekerabatan
      1. Patrilineal: posisi sentral kepada pihak laki-laki (contoh masy. Jawa dan suku Batak)
  2. Matrilineal : posisi sentral kepada pihak perempuan (cth. Masy. Minang kabau)
5. Fungsi dan peran lembaga agama
  1. fungsi pendidikan
  2. fungsi penyelamatan
  3. fungsi pengawasan sosial
  4. fungsi pemberdayaan masyarakat
  5. fungsi memupuk persaudaraan
  6. fungsi transformasi
6. Fungsi dan Peran Lembaga Pendidikan dalam Mengelola Keragaman Sosial Budaya
    Lembaga pendidikan berperan penting dalam melakukan transformasi budaya masyarakat.
Sebagai contoh di sekolah terdapat pelajaran bahasa daerah, sebagai salah satu bentuk melestarikan dan mengembangkan kebudayaan berupa bahasa.
Saat ini juga banyak sekolah yang mengajarkan seni tradisional seperti membatik, seni tari, dan sebagainya.
fungsi manifes pendidikan
1. Membantu cari nafkah
2. Mengembangkan potensi
3. Mengembangkan bakat
4. Merangsang partisipasi
5. Melestarikan kebudayaan
6. Memperkaya kehidupanàintelektual dan keindahan
7. Kemampuan menyesuaikan diri
8. Meningkatkan taraf kesehatan
9. Menciptakan WN Patriotik
10. Menunjang integrasi
11. Membentuk kepribadian
12. Mendorong kreativitas dan inovasi

Fungsi Laten pendidikan
1. Perpanjangan masa ketidakdewasaan
2. Mengurangi pengawasan orang tua
3. Mempertahankan sistem kelas sosial
4. Memupuk perbedaan pendapat

Peran membentuk kepribadian
1. Pendidikan informal (dlm keluarga)
2. Pendidikan formal (mis. Sekolah)
3. Pendidikan nonformal (misal kursus)

Jumat, 15 April 2016

kisi-kisi US

·         Menjelaskan pengertian konektivitas antar ruang dan waktu
·         Membedakan kondisi ruang pedesaan dan perkotaan
·         Mendeskripsikan kondisi fisik wilayah Indonesia
·         Menjelakan kehidupan sosial masyarakat Indonesia pada masa Pra aksara, Hindu-Budha dan Islam
·         Menyebutkan hasil kebudayaan Indonesia pada masa Pra aksara
·         Menjelaskan bukti masuknya islam ke Indonesia
·         Mendeskripsikan jenis-jenis Kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat Indonesia
·         Menyebutkan contoh interaksi manusia dengan lingkungannya                       
·         Menjelaskan dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan alam, ekonomi, dan sosial (essay)
·         Menjelaskan masalah Kependudukan Indonesia
·         Menjelaskan  pengaruh Imperialisme Barat di Indonesia                                
·         Menjelaskan perlawanan bangsa Indonesia terhadap Imperialisme barat
·         Membedakan perjuangan rakyat Indonesia sebelum dan sesudah abad ke XX (essay) 
·         Menjelaskan  proses terbentuknya kesadaran Nasional Indonesia                 
·         Menjelaskan  kependudukan Jepang di Indonesia                               
·         Menyebutkan  tokoh-tokoh proklamasi kemerdekaan Indonesia
·         Menjelaskan deskripsikan fungsi dan peran lembaga keluarga dan  lembaga politik
·         Menjelaskan  interaksi manusia dengan  ligkungan ekonomi                             
·         Menjelaskan bentuk-bentuk interaksi manusia dalam Lingkungan sosial
·         Disajikan peta Asia, peserta didik mampu menunjukkan Negara maju/berkembang di kawasan tersebut.
·         Disajikan gambar berbagai alat transpotasi (darat, air, udara, kereta api), peserta didik mampu menentukan alat  trasportasi yang murah/mahal untuk menjangkau seluruh wilayah kepulauan Indonesia.
·         Menjelaskan  upaya yang harus dilakukan untuk mengatasi dampak negatif pertumbuhan penduduk Indonesia
·         Mengidentifikasi 4 permasalahan ketenagakerjaan di Indonesia (essay)
·         Disajikan lambang  PBB, peserta didik mampu menjelaskan lembaga yang sesuai dengan lambang tersebut.
·         Peserta didik dapat menyebutkan salah satu badan khusus PBB yang menangani masalah pendidikan, ilmu pengetahuan dan budaya/Lembaga yang menanganai masalah anak..
·         Menyebutkan dampak positif/negative kerjasama antar negara dalam  pembangunan nasional.
·         Disajikan bebarapa logo lembaga kerjasama ekonomi internasional dalam naungan PBB, peserta didik dapat menentukan logo organisasi yang menangani masalah tertentu (buruh/perdagangan) dunia.
·         Menyebutkan tugas Bank Indonesia sebagai bank sentral
·         Membedakan antara Bank umum dengan Bang BPR (essay)
·          menyebutkan tujuan perdagangan internasional
·         Disajikan tabel Kurs mata uang asing, peserta didik dapat menghitung nilai tukar rupiah jika ditukar dengan salah satu mata uang tersebut..
·         Disajikan gambar pahlawan Nasional, siswa mampu menunjukkan tokoh yang terlibat dalam Perundingan KMB
·         Menyebutkan penyebab Indonesia menjadi Negara serikat
·         Disajikan peta Indonesia peserta didik dapat menunjukkan wilayah Indonesia hasil perundingan Linggarjati/Renville
·         Peserta didik dapat menyebutkan tujuan pemilu 1955
·         Memberikan contoh bentuk penyimpangan pada masa demokrasi terpimpin
·          Memberikan contoh bentuk keberhasilan ekonomi Orde Baru
·          Menjelaskan perkembangan politik pada masa Reformasi
·         Disajikan wacana tentang keberhasilan yang telah diraih dalam pembangunan Lima Tahun, peserta didik dapat menentukan keberhasilan pelita ( I, II, III, IV, V, VI )
·          Menjelaskan pengaruh modernisasi dalam kehidupan masyarakat
·         Disajikan gambar proses pewarisan budaya, peserta didik dapat menentukan pewarisan budaya untuk melestarikanj jati diri bangsa
·         Menjelaskan dampak negatif dari modernisasi (essay)



Materi singkat:

 Fungsi keluarga:
1.    Fungsi afeksi (kasih saying)
2.    Fungsi proteksi (perlindungan)
3.    Fungsi ekonomi (pemenuhan kebutuhan)
4.    Fungsi kontrol (pengawasan)
5.    Fungsi reproduksi (penerus keturunan)
6.    Fungsi sosialisasi

Fungsi lembaga politik:
  1. Pelembagaan norma melalui Undang-Undang yang disampaikan oleh badan-badan legislatif.
  2. Melaksanakan Undang-Undang yang telah disetujui.
  3. Menyelesaikan konflik yang terjadi di antara para warga masyarakat yang bersangkutan.
  4. Menyelenggarakan pelayanan seperti perawatan kesehatan, pendidikan, kesejahteraan dan seterusnya.
  5. Melindungi para warga masyarakat atau warga negara dari serangan bangsa lain.
  6. Memelihara kesiapsiagaan/kewaspadaan menghadapi bahaya.

Fungsi pasar bagi kehidupan masyarakat:
1.    Pembentuk harga
2.    Fungsi distribusi (memperlancar arus barang)
3.    Fungsi promosi
4.    Fungsi stabilitas ekonomi

Jenis pasar: pasar konkrit dan pasar abstrak
Permasalahan ketenagakerjaan di Indonesia:
1.    Tingkat pendidikan rendah
2.    Tingkat upah rendah
3.    Keterampilan rendah
4.    Jumlah kesempatan kerja lebih sedikit jika dibandingkan jml. Tenaga kerja
5.    Persebaran angkatan kerja yang tidak merata
6.    Perlindungan tenaga kerja belum maksimal

Bank dan lembaga keuangan lainnya:
Bank sentral:
1. Menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter.
2. Mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran, serta
3. Mengatur dan mengawasi perbankan di Indonesia.
4. Mencetak uang kartal

Bank Umum, yaitu bank dengan kegiatan usaha yang dilakukannya secara konvensional berdasarkan dari prinsip Syariah sendiri kegiatannya meliputi pemberian jasa sebagai lalu lintas pembayaran (transfer, kliring&inkaso, valas) dan dapat menciptakan uang giral (giro, cek)

Bank Pengkreditan Rakyat, yaitu bank dengan kegiatan usaha yang dilaksanakannya secara konvensional atau berdasarkan dari prinsip Syariah sendiri di mana pada kegiatannya tidak ikut memberikan jasa sebagai lalu lintas pembayaran. 



Kurs (nilai tukar mata uang)
*sudut pandang Bank
$ à Rp = kurs beli
Rp à $ = kurs jual